tagline toko besi baja
X

or Forgot password?

ARTICLE

Jumat, 09 Mar 2018

Mendag:Tarif Impor Baja AS Tidak Berpengaruh pada Indonesia

JAKARTA - Indonesia tidak perlu khawatir terhadap pengenaan bea masuk baja dan alumunium oleh pemerintah Amerika Serikat. Pasalnya, dampak kebijakan tersebut tidak begitu besar.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, impor baja kita kebanyakan berasal dari China. Untuk itu keputusan AS mengenakan bea masuk baja tidak terlalu terpengaruh.

 

"Itu sebenarnya dampaknya secara langsung tidak besar. Persoalan kita adu cepat industri hilirnya kita dorong, kedua adalah arus barang masuk apalagi pemeriksaannya post border,ah sakit kepala kita," tuturnya di JCC, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Menurutnya, dari pada mempersoalkan bea masuk baja di AS, lebih baik bicara soal tingginya bea masuk antidumping (BMAD) biodiesel.

"Kalau AS, saya tidak terganggu untuk baja, tapi kalau biodiesel, ya kedelainya tarif kita tinggi," tuturnya.

Menurutnya persoalan perang dagang seperti ini saling beriringan. Kita ekspor sawit ke AS, sebaliknya impor kedelai ke dalam negeri.

"Saya penikmat tempe dan tahu, jadi beriringan. Kita bisa tingkatkan impor, begitu juga di sana. Di sana penerimaan tinggi, kita juga tinggi," ujarnya.

 

https://economy.okezone.com/read/2018/03/09/320/1870198/mendag-tarif-impor-baja-as-tidak-berpengaruh-pada-indonesia